Cara Mengubah IP Address pada Komputer

Cara Mengubah IP Address pada Komputer
Hi sobat, kali ini kita akan mebahas bagaimana cara merubah IP addres pada Komputer. IP addres merupakan deretan angka biner yang unik yang di gunakan untuk mengindentifikasi tiap komputer host dalam jaringan komputer.
Mengubah IP addres penting kita lakukan jika terdapat conflict IP pada jaringan yang kita pakai, hal
tersebut bisa saja terjadi jika dua komputer atau lebih menggunakan IP addres yang sama.
Jika conflict IP terjadi pada jaringan, tentu saja komputer tersebut tidak mampu melakukan komunikasi di dalam jaringan sebagaimana normalnya. Jika Conflict IP terjadi biasanya sistim windows juga akan memberitahukan bahwa IP address anda mengalami conflict.

Mengganti IP address juga sering dilakukan untuk mempermudah mengenali suatu device pada jaringan seperti pada printer dan komputer server. Dengan mengganti IP address akan membuat kompter tersebut menggunakan IP statis atau tidak berubah. Sehingga akan mudah diingat dan dikenali.

Langsung saja sebagai contoj dibawah ini kita akan merubah IP address pada sebuah jaringan komputer, Untuk melihat IP address yang sedan anda gunakan sekarang caranta cukup mudah yaitu dengan membuka command prompt anda dengan cara menekan Win + R di keyboard anda kemudian ketik CMD dan tekan ENTER atau boleh pergi ke START => All Programs => Accesories => dan buka Command Prompt.
Setelah Command Prompt terbuka ketikan perintah IPCONFIG dan tekan ENTER. Lihat gambar berikut ini, klik gambar untuk melihat ukuran penuh.

Dari gambar di atas IP adress yang sedang digunakan adalah 192.168.10.105 ini lah yang akan kita rubah. Untuk Mengubah IP addres tersebut cara nya cukup mudah, anda buka Open Network and Sharing Center dan klik Internet Connection => klik Properties => selanjutnya double klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan kemudian pilih Use the following IP address:
Pada kotak isian IP address isilah IP address yang baru yang anda inginkan seperti gambar diatas saya mengubah IP address menjadi 192.168.10.150 ingar ikuti aturan pengisian IP address sesuai dengan settingan jaringan pada router anda.
Kemudian isi juga kotak isian Subnet Mask isikan dengan 255.255.255.0 dan pada Default gateway isikan sesuai dengan alamat default pada router anda seperti contoh diatas alamat default router yang saya gunakan adalah 192.168.10.1 begitu juga dengan kotak isian DNS yaitu Preferred DNS Server dan Alternate DNS Server isikan dengan DNS server ISP anda atau bisa juga dengan DNS server lainya juga dengan anda anggap paling baik.
Setelah pengisian selesai simpanlah konfigurasi yang baru tersebut dengan mengklik OK.
Apabila Berhasil maka IP address anda akan berubah sesuai dengan pengaturan baru yang telah anda buat tersebut. Untuk mengecek nya anda boleh buka kembali Command Prompt anda dan ketikan Ipconfig, Lihat gambar berikut.
Dari gambar diatas sekarang IP addres telihat sudah berhasil diubah ke IP address yang baru.
Demikianlah sobat cara merubah IP address jaringan pada komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *